I was Born to live my Life not yours

Sunday, October 22, 2017

Tulisan kacrut di jam magabut

Kemarin ada yang ngetweet begini;

“what makes you happy today?”

Gue ngga jawab sih, tapi malah bikin gue mikir apa ya yang bikin gue happy hari ini, sedangkan yang gue rasain adalah flat, bahkan gue ngga tau gue lagi merasakan apa. Bukannya lagi nggak bersyukur, tapi punya perasaan nggak merasakan apa-apa normal kan? Bahagia- ngga, sedih juga ngga. Ada sih yang selalu bikin gue senyum-senyum tiap baca namanya di notif whatsapp, dan gue ketawanya kalau mampir konter lama nganter duit coan dan kalau udah di rumah ketawa bareng mama itupun kalau si bontot ngga kumat jealousnya.  

Mungkin lebih ke hambar aja kali ya perasaan, kerjaan gue sekarang gini-gini doank, pagi dateng buka rolling door – nyapu-ngepel- bersiin kaca etalase- rapiin kartu perdana dagangan – dan nyatet item yang keluar kemarin dan sisanya nunggu yang beli – nyatet – kasih kembalian – duduk lagi, nunggu lagi. Semingguan yang lalu sih gue inisiatif bawa novel dari rumah buat dibaca lagi sengaja bawa yang tebel biar awet, sempet kepikiran buat minjem di perpus sekolahan deket sini tapi aksesnya ribet deh pasti, ntar deh dipikirin lagi. Kalau gue ditanya bosen ngga kerja di konter, gue bakal jawab; bosen maaaaaan. Gue jaga sendirian sekarang ngga ada temen ngobrol, beda waktu jaga di konter lama meski jarang banget ngobrol karena yang beli banyak banget seenggaknya gue ngga sendirian. Sekali lagi, bukan lagi ngga bersyukur ya, alhamdulillah doa gue terkabul, dapet kerjaan deket rumah dan bisa ketemu keluarga setiap hari. Temen gue biang gini ;
“ ngga papa gaji segitu yang  penting deket sama orang tua, itu bonusnya”
Ngga bisa ngga setuju dan ngga bisa sepakat juga sih. Terus persis kaya yang cinta gue bilang ;
“ kamu gaji gede tapi jauh dari orang tua, mending gaji dikit tapi deket sama keluarga, udah sih disyukuri aja” 
Dia ngomong panjang lebar ketika gue bilang mau ke Tangerang lagi aja apa ya ketimbang ngerasain bosen setengah pingsan.

Tapi kalau lagi waras gue mikir, mungkin gue disuruh ngerasain begini dulu kali ya, toh dulu juga pernah ngalamin tough life yang beraneka macam cerita waktu di perantauan, ngga gue ceritain aja enak dan ngga enaknya. Emang gue temen-temen facebook gue apa yang dikit-dikit curhat di facebook yang akhirnya belakangan bikin gue nyesel maen approve aja, tapi makasih banget buat unfollow features di Facebook jadi gue ngga perlu baca gegalauan emak-emak yang airnya mati atau abis baca chat di hape suaminya, terus ngga baca tag artikel mereka buat lakinya, buset deee kalau ada apa-apa bisa dibicarain baik-baik ngga sih di kamar pas anak-anak udah pada tidur, terus pas udah kelar nyampein unek-unek tinggal ML deh, kan indah banget tuh ( judge me!)

Jalani yang ada. Pasti itu kalimat pertama dari temen-temen yang nasehatin gue, eitss... gue ngga sengaja curhat ya. Mereka nanyain kabar dan gue jawab; “ ya gini deh, lu bisa bayangin lah sekarang gue jaga konter, kalau lu tanya gimana rasanya gue bakal jawab 80% bosen dan 20% act being normal” dan mereka bakal kompak jawab “jalani dulu aja yang ada” iyalah ngga usah dikasih tau juga gue bakal jalanin yang ada, dalam hati sih ngomong begitu, atuh kalau di chat langsung mah bisa di-block berjamaah haha.  I still need some of them to keep being insane nyahaha pengakuan ini kalau diambil hati mah kebangetan banget.

Ngga jarang juga gue ngeluh ke cinta gue kalau gue ngga punya temen di sini, taunya rumah –konter – repeat, dia jawab apaan coba; perasaan kamu aja kali, aku juga taunya kerjaan dan rumah, masih baik-baik aja tuh. He always know how to makes me nod my head . Terus mikir lagi apa iya yang gue butuhin itu teman, gimana kalau sebenarnya  yang gue butuhin itu cuma duit sekoper (dengkulmu ambrol!) kalau itu mah semua orang juga butuh kali ya. Tapi kalau sekarang gue punya temen gue curhat bodongnya kapan donk sedangkan abis isyaan aja suka udah ngga tau lagi napas ada di mana ( tidur maksudnya) gue masih bisa haha hihi sama temen-temen di whatsapp dan kadang ngetawain stories mereka yang sebenarnya adalah curhat terselubung,  craving for attention pasti pada demanding nih baca tuduhan gue, ye kan? Gue juga kadang gitu soalnya haha.  Gue pernah mikir kenapa dulu gue ngga sekolah yang tinggi aja ( capek naek tangganya woi) kalau iya kan gue sekarang mungkin ngga duduk di belakang etalase, bikin etalasenya mungkin, tapi ada yang bilang juga bahwa yang tak mungkin kembali adalah masa lalu dan juga mantanmu jadi mau ngga mau ya jalani dulu aja yang ada balik lagi kan ke kalimat temen-temen gue haha.

Untung dulu gue waktu ditanya cita-cita kepengen jadi apa pas SD itu jawaban ngga ketanem di otak sebab kalau iya pasti beban abis man. Bayangin dulu kalau ngga salah inget gue jawab pengen jadi dokter karena teman-teman bangku depan belakang udah pada ngambil semua profesi yang kayaknya bagus banget buat jawaban guru, akhirnya gue inisiatif jawabin jadi dokter, dokter apaan wayah gini duduk di belakang etalase haha, tapi ngomong-ngomong kenapa pas SD doank yang ditanya cita-cita pas SMP dan SMA ngga ditanyain deh, oh mungkin karena gurunya tau nih kalau sampai nanyain begituan bakal dijawab: ya elah bu/pak kaya anak SD aja ditanyain cita-cita jalani aja dulu yang ada”  haha saking cintanya gue ke temen-temen gue sampai balik lagi kan ke kalimat sakti mereka.

Ini pas pelajaran agama pada ngga bolos kan ya, masih ingat rukun iman kan yang percaya Qodo dan Qodhar? Jadi apa yang kita alami dan jalani sekarang gue yakin itu udah jadi urusan Allah SWT mau protes bagaimanapun juga tetep Allah SWT yang berkehendak, mungkin ketika gue udah bertransisi dari masa yang bahagia-enggak sedih-enggak ini, gue bakal bisa tau apa yang sebenernya gue butuhin.

Boleh dibilang apa yang sedang gue kerjakan adalah sesuatu yang gue anggap sebagai pengisi kekosongan, kalau hati alhamdulillah udah ada yang ngisi kalau hari ya gini-gini dulu aja nggak papa deh yang penting mudah-mudahan akan ada banyak gitu-gitu luar biasa yang menanti. Aamiin boleh?

Kalau boleh kasih saran gitu ya, sekeras dan selembek kerjaan apapun nikmati dengan cara sendiri karena kalau sudah berganti hari jamin deh kita bakal kangen masa-masa itu. Ini tulisan tercipta di jam magabut beneran, di sela-sela nunggu yang beli. Kaya gue nih kerjaan begini tapi masih bisa nulis buat blog pribadi sama Otakantik.com , semacam rekam jejak , kalau yang hobi jalan-jalan rekam jejaknya pakai foto, kalau gue mah pakai tulisan tangan aja, effortnya paling bangun lebih pagi buat ngepost blog ngandelin kuota malam yang masih sisa belasan giga. Ngga papa banget kan?

Curhatan gue ini ngga ada manfaatnya, semua gue syukuri. Karena rezeki ngga bakal nyasar. Semangat dah yuk kerja ngumpulin receh bayar tenda haha.


0

0 comments: